Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "Pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indiƫ), atau Hindia (Indiƫ); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Jumat, 18 Juni 2010

LIVERPOOL KONTAK MANUEL PELLEGRINI

Mantan manajer Real Madrid Manuel Pellegrini, dilaporkan telah melakukan negosiasi dengan Kenny Dalglish terkait kemungkinan meneruskan pekerjaan Rafael Benitez sebagai arsitek Liverpool di Anfield.

Bulan lalu Pellegrini dipecat Los Blancos karena gagal menuntaskan puasa gelar tim elit La Liga Spanyol tersebut dan kalah bersaing dengan rival terberat, Barcelona.

Perwakilan Pellegrini menepis spekulasi yang menyebut kliennya telah bertemu dengan Dalglish di Bandara Heathrow tetapi fakta berbicara jika Pellegrini memang berada di Inggris dan telah melakukan pertemuan dengan legenda Liverpool tersebut, demikian diwartakan The Guardian.

Hal ini juga membuktikan jika The Reds sedang bekerja keras untuk mendapatkan pelatih berkualitas, namun disebutkan pula jika arsitek Fulham Roy Hodgson masih dijadikan prioritas utama. Liverpool bahkan disebut pekan depan akan mengajukan proposal resmi bagi pelatih yang sukses mengantar Fulham ke partai puncak Liga Europa itu.

Di pihak lain, Hodgson menegaskan betah berada di Craven Cottage dan tidak tahu menahu rumor yang mengaitkan dirinya dengan Liverpool.

"Saya senang bersama Fulham. Kabar tersebut hanyalah spekulasi, lebih dari itu saya tidak bisa memberi keterangan lain," cetus Hodgson.

Sumber: goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next page