Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "Pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indiƫ), atau Hindia (Indiƫ); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Jumat, 18 Juni 2010

CHELSEA DATANGKAN KIPER REMAJA REPUBLIK CEKO

Beberapa pekan terakhir tim-tim elit Eropa seperti Juventus, Inter, Bayern Muenchen, Arsenal dan Chelsea dilaporkan tengah memburu kiper penuh bakat milik Sigma Olomouc, Tomas Kalas.

Kiper berusia 17 tahun itu sempat diberitakan setuju hijrah ke Bayer Leverkusen, tetapi spekulasi tidak di sana. Arsene Wenger yang memiliki reputasi menelurkan pemain-pemain hebat bersama Arsenal bahkan dilaporkan telah berbicara langsung dengan Kalas untuk membujuknya terbang ke Emirates tapi The Gunners sepertinya kalah langkah oleh rival sekota, Chelsea.

Sebuah laporan dari Rep. Ceko mengklaim jika Chelsea telah menggelontorkan dana sebesar lima juta poundsterling untuk mendapatkan bakat Kalas, tetapi The Blues belum bersedia mengumumkan secara resmi kesepakatan yang telah terjadi, demikian dilansir Skysports.

"Kesepakatan dengan tim papan atas Eropa bagi Tomas Kalas telah tercapai hari ini," pernyataan itu tertera di laman resmi Sigma Olomouc.

Pavel Zika, agen Kalas, mengakui kesepakatan telah tercapai, tetapi belum mau mengungkap identitas tim baru kliennya.

"Kami belum bisa mengumumkan nama klub," ujarnya pada Sport.cz.

"Negosiasi berjalan alot. Namun saya senang Sigma akhirnya memberikan dukungan. Hal ini terjadi demi kebaikan Kalas," tandasnya.

Diyakini Kalas akan kembali ke Sigma selama 12 bulan dengan status pinjaman sebelum terbang ke Inggris untuk menjalankan kontraknya secara penuh.

Sumber: goal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next page