Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "Pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indië), atau Hindia (Indië); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Kamis, 10 Juni 2010

TURRITOPSIS NUTRICULA SATU-SATUNYA MAKHLUK YANG HIDUP ABADI

Menurut laporan berita Rusia, beberapa ilmuwan baru-baru ini telah menemukan semacam mikro-organisme laut yang disebut “Turritopsis nutricula”, mungkin adalah satu-satunya makhluk yang hidup abadi di dunia.




Para ilmuwan mengatakan diameter “Turritopsis nutricula” hanya 4-5 mm, organisme yang sangat kecil ini, malah mempunyai kemampuan “kembali awet muda”.

Menurut ilmuwan yang telah lama terlibat dalam penyelidikan sekitar 4.000 “Turritopsis nutricula”, hasilnya menunjukkan bahwa ubur-ubur semacam ini dapat menjadi “kembali muda” lagi, tidak ada satupun yang pernah mati karena unsur mereka sendiri. Ilmuwan menegaskan bahwa: “Turritopsis nutricula” adalah satu-satunya biologi yang ditemukan yang dapat kembali dari tahap sexual dewasa ke tahap larva.


Plate IV
Fig. 17: Stomotoca rugosa. Fig. 18: Turritopsis nutricula. Fig. 19: Neoturris vesicaria. Fig. 20: Cladonema novæ-zelandiæ n. sp. — half-grown medusa; 20a, stomach and gonad pouches viewed from above; 20b, side view of manubrium and gonad pouches. Fig. 21: Pennaria australis. Fig. 22: Hybocodon prolifer. Fig. 23: Pelagohydra mirabilis. Fig. 24: Sarsia eximia (hydroid known as Syncoryne eximia). Fig. 25: Bougainvillia ramosa. Bell., bell; C.C., circular canal; Ex. Umb., exumbrella surface; Gon., gonad; Man., manubrium; OC., ocelli; O.L., oral lip; R.C., radial canal; Stom., stomach; S. Umb., sub-umbrella surface; Tent., tentacles; V., velum.


Jadi pengen kaya Nutricula nih yang bisa hidup abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next page