Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "Pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indiƫ), atau Hindia (Indiƫ); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Kamis, 17 Juni 2010

MERCEDES-BENZ CLS WALD "ALL BLACK"

Setelah dengan Nissan 350Z, kini Mr AW kembali mengobok-obok mobil Eropa. Pilihannya, CLS 4 pintu coupe dari Mercedes-Benz (MB), dengan alasan sudah punya anak. Adapun konsep modifikasi yang dipilih bertema "all black".

Untuk bodi, ia punya dua opsi, Wald atau AMG. Pilihannya pun jatuh pada Wald. "Gue enggak suka mobil yang bukan asli AMG tapi pakai body kit AMG," ungkap AW.

Meski sudah memilih Wald, bukan berarti ia lupa untuk memberikan sentuhan. AW pun melengkapi tema modifikasi tadi dengan memberi aksen tambahan serat karbon pada body kit asli yang diorder langsung dari Jepang via Facelift Motorsport.

Coba simak detailnya, pasti kelihatan bedanya. Kendala yang dihadapi pada proses modifikasi adalah barang-barang CLS 350 sangat jarang dikeluarkan oleh tuner-tuner MB ternama. Kebanyakan, perangkat modifikasi diperuntukkan bagi CLS500. Oleh karena itu, ada beberapa part yang mesti dipesan secara khusus, seperti velg dan rem.

Untuk velg, ia memilih ukuran 21 inci bikinan Modulare. Ukuran ini lebih pas di fender ketimbang yang 20 inci. Itu pun dipilih atas pertimbangan ukuran mobil bongsor. Offset-nya +22 depan dan +10 belakang. Perhitungan itu dipilih agar tampilan roda mobil bisa celup dan bebas gesrot.

Untuk masalah ground clearance, CLS sudah menggunakan suspensi udara sehingga bisa mereduksi ketinggian via lowering module keluaran Lorinser. "Cuma ada Lorinser dan bantingannya masih enak serta tidak jauh dari standar," papar AW.

Performa mesin tak luput dari sentuhan. Akselerasi putaran bawah dan atas dapat ditingkatkan dengan menggunakan X-pipe dari Kleeman yang dikombinasi dengan quad exhaust dari AMG. Untuk memudahkan quad exhaust masuk, AW rela rear diffuser dipotong beberapa milimeter. Hasilnya pun sangat rapi.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next page