Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "Pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indiƫ), atau Hindia (Indiƫ); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Kamis, 17 Juni 2010

HONDA PCX, GAYA DAN TANGGUH

Penampilannya mewah dan gaya. Karena itu pula pantas harganya mahal. Meski demikian, terlalu besar bedanya dibandingkan harga di negeri asalnya, Thailand, 69.800 bath atau bila dikonversi pada kurs sekarang sekitar Rp 20 juta.

Untuk ini, Yusuke Hori, Presiden Direktur Astra Honda Motor, punya alasan. Dijelaskan, harga PCX yang mencapai Rp 32 juta di Indonesia karena adanya biaya kirim, asuransi, dan bea masuk. Sementara Julius Aslan mengatakan adanya biaya untuk layanan khusus. Hori juga menginformasikan, di Jepang, PCX dijual 290.000 yen atau sekitar Rp 30 juta.

Pertanyaan muncul, dengan harga semahal itu, apa yang diperoleh pembeli dari PCX?

Penampilan Keren
Dari segi penampilan, tak bisa dimungkiri, skutik ini memang keren. Bahkan, untuk mengendarainya, Honda mendesain posisi pengendara seperti menunggang sepeda motor touring. Lebih nyaman dan dipastikan tidak mudah capek.

Penampilan skuter ini gagah karena bodinya tertutup rapi, baik samping maupun depan. Selain itu, wajahnya dilengkapi lampu depan berukuran besar dan tundung atau pelindung panel instrumen (windshield). Aspek lain yang membuat skuter makin gagah adalah roda dan bannya berdiameter meter besar (lihat spesifikasi).

Antimaling
Seperti mobil, skutik mewah ini dilengkapi dengan remote control yang juga berfungsi sebagai antimaling. Fitur sistem idling stop bisa dinonaktifkan sesuai dengan keinginan pengendara melalui saklar di sisi kanan setang. Misalnya, kalau terlalu macet, dimatikan saja. Tetapi kalau menunggu lama di lampu merah, bisa diaktifkan.

Sistem dirancang cukup canggih dan bekerja bila mesin sudah panas, ada pengendara duduk di jok, motor benar-benar sudah berhenti. Sebelumnya, skuter ini dipastikan pernah meluncur pada kecepatan 10 km/jam dan standar samping bebas.

Fitur ini mematikan mesin secara otomatik begitu berhenti tiga detik. Untuk menghidupkan mesin kembali, tinggal menarik grip gas. "Satu derajat grip berputar, mesin sudah hidup," jelas Endro Sukarno dari Bagian Training AHM. Pengendara pun diberi tahu sistem aktif melalui lampu indikator pada panel instrumen.

Untuk ini, sistem dilengkapi dengan enam sensor, antara lain suhu, kecepatan, sadel, indikator, standar ol dari idling stop sendiri. Kendati demikian, sistem idling stop tidak bisa digunakan untuk menghidupkan mesin di pagi hari. Skuter ini hanya menggunakan starter listrik dan tidak dilengkapi dengan sistem engkol (manual).

Mesin
Sudah menggunakan sistem injeksi khas Honda yang disebut PGM-FI. Kemampuan mesin 125 cc ini menghasilkan tenaga maksimum 11,7PS @8.500 rpm dan torsi 1,19 @ 6.000 rpm. Mesin dilengkapi dengan radiator yang berisi cairan sebagai pendingin. Emisi yang dihasilkan standar emisi Euro3. Apalagi, knalpotnya juga sudah dipasangi katalis (catalytic converter). Teknologi baru lainnya, alternator, juga berfungsi sebagai motor starter.

Transmisi
Menggunakan CVT dengan sabuk bergerigi yang memindahkan tenaga mesin ke roda belakang. Dengan ini, pengendara tinggal memainkan gas di tangan tanpa harus susah-susah memindahkan gigi.

Tambahan lain, skuter ini menggunakan sistem rem gabungan (combi brake) ganda. Hanya dengan mengoperasikan satu tuas rem, depan atau belakang, kedua rem langsung bekerja. Di bawah ada ruang yang bisa menyimpan helm ukuran penuh (full-face) karena berkapasitas 32 liter.

Spesifikasi Honda PCX
Dimensi
Panjang
1.917
Lebar
738
Jarak sumbu roda
1.094
Jarak terendah
1.305
Berat kosong
125 kg
Tipe rangka
Tulang punggung
Suspensi
Depan
Teleskopik
Belakang
Lengan ayun, peredam kejut ganda
Ukuran ban
Depan
90/90-14M/C46P
Belakang
100/90-14M/C57P
Rem
Depan
Cakram hidraulik, 3-piston
Belakang
Teromol
Sistem pengereman
Combi
Kapasitas tangki bensin
6,2 liter
Mesin
Tipe
4 langkah, SOHC
Kapasitas
124,9 cc
Sistem pasokan bahan bakar
Injeksi (PGM-FI)
Pendingin
Cairan
Diameter x langkah
52.4 X 57,9 mm
Perbandingan kompresi
11:1
Daya maks.
11,7PS @8.500 rpm
Torsi maks.
1,19 kg @ 6.000 rpm
Kopling
Sentrigugal, kering
Transmisi
V-Matic
Starter
Listrik dengan starter ACG
Baterai
12-5Ah (MF, kering)
Busi
NGK CPR7EA-9
Lampu depan
12-35W x 2
Lampu senja
12-5Wx2
Sumber: http://otomotif.kompas.com
Penulis: ZBJ
Editor: zbj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next page