Kata "Indonesia" berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti "Hindia" dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti "Pulau". Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat. Pada tahun 1850, George Earl, seorang etnolog berkebangsaan Inggris, awalnya mengusulkan istilah Indunesia dan Malayunesia untuk penduduk "Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu". Murid dari Earl, James Richardson Logan, menggunakan kata Indonesia sebagai sinonim dari Kepulauan India. Namun, penulisan akademik Belanda di media Hindia Belanda tidak menggunakan kata Indonesia, tetapi istilah Kepulauan Melayu (Maleische Archipel); Hindia Timur Belanda (Nederlandsch Oost Indiƫ), atau Hindia (Indiƫ); Timur (de Oost); dan bahkan Insulinde (istilah ini diperkenalkan tahun 1860 dalam novel Max Havelaar (1859), ditulis oleh Multatuli, mengenai kritik terhadap kolonialisme Belanda.

Kamis, 17 Juni 2010

DITILANG DI AUSTRALIA, DERBY ROMERO CUEK

Saat syuting film LOVE IN PERTH di Australia, penyanyi Derby Romero kena tilang oleh polisi setempat. Namun, bukannya ketakutan karena ditilang di negeri orang, kekasih Dinda Kanyadewi ini malah cuek.

"Itu kan hanya misunderstanding saja antara orang yang ngurus acara gue sama polisi yang di sana. Gue nggak tahu apakah ngasih uang jaminan apa nggak. Tapi gue sih cuek saja sebenernya sama polisi sana karena sempet disangka ditilang gara-gara ngebut jadinya nyerempet ke mana-mana," ujar Derby saat ditemui di Studio Penta, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (16/06) sore.

Derby pun menceritakan jika jalannya syuting film LOVE IN PERTH itu sempat berpindah tempat beberapa kali. Oleh sebab itu, untuk izin kepengurusannya memang sudah diatur oleh orang dalam di sana.

"Itu kan cuma syuting saja kok. Syuting yang kita jalani memang berpindah tempat, traveling. Jadi semuanya sudah diurusin," ujarnya.

Lalu, apakah Derby sempat membayangkan untuk masuk penjara di sana? "Nggak mungkin kayaknya sih ya, karena itu kan di negara orang, jadi pasti ribet masalahnya kalau gue sampai ditilang," ujar Derby. (kpl/adt/npy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

next page